Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo

Masjid ini adalah salah satu masjid bersejarah  di kota Solo. Lokasi masjid berada di sebelah barat  kompleks istana / Pura Mangkunegaran Surakarta. Kompleks masjid Al Wustho Mangkunegaran terdiri dari bangunan utama berupa masjid beserta fasilitas tempat wudlu dan menaranya. Di sebelah selatan terdapat bangunan sekolah Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal yang berhubungan langsung dengan bangunan rumah tinggal keluarga ta’mir atau pengurus masjid. Di sebelah utara terdapat fasilitas Unit Kesehatan Masjid dan tempat tinggal Ta’mir masjid. Terdapat sebuah bangunan berbentuk lingkaran yang berukuran kecil di halaman masjid bagian selatan. Bangunan bernama maligi ini pada jaman dahulu digunakan untuk melaksanakan upacara sunat bagi keluarga Pura Mangkunegaran.
Khusus untuk bentuk arsitekturnya, bangunan masjid ini masih mengacu pada bentuk masjid Jawa dengan atap berbentuk tumpang yang bersusun tiga. Bangunan serambi juga berarsitektur jawa dengan bentuk atap limasan.
Berkenaan dengan sejarahnya, hingga sekarang tidak ada sumber tertulis yang memberikan penjelasan secara rinci tentang sejarah keberadaannya. Hanya satu sumber yang hingga saat di gunakan yaitu prasasti yang dipasang pada dinding depan masjid. Selebihnya hanya informasiri mulut ke mulut yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Pada masa kekuasaan Mangkunegaran I konon beliau membangun masjid di bagian utara kompleks Pura Mangkunegaran sekarang ini yaitu di sebelah barat kawasan pasar Legi. Pada daerah tersebut hingga sekarang masih disebut dengan kampung Kauman yang menandakan sebagai tempat tinggal kaum ulama atau santri. Hanya saja pada kampung ini sekarang tidak ada satu artefak yang dapat dirujuk keterangan tersebut.

Leave a Reply

Skip to toolbar