Aplikasi dan Treatmen Terhadap Dinding: EKSPOS MATERIAL

Dinding merupakan salah satu komponen ruang yang paling mudah diubah tampilannya. Posisi vertikal membuat dinding menjadi bidang yang banyak mendapatkan tatapan mata pengguna ruang, hal yang sangat jauh berbeda dengan 2 komponen ruang yang lain yaitu lantai dan langit-langit. Oleh karenanya treatmen dan aplikasi tertentu terhadap dinding dibutuhkan untuk membuat keindahan dan kenyamanan sebuah ruang menjadi meningkat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan terhadap dinding untuk meningkatkan estetika sebuah ruang adalah dengan  Ekspos Material. Sebuah cara yang sederhana dengan menampilkan kondisi dinding yang sesungguhnya tanpa memberikan aplikasi finishing. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Sumber foto: ASRI 2001)

Batu bata yang diekspos bersama dengan dinding yang difinish halus dengan cat tembok. Pemaduan permukaan ini diterapkan untuk meraih keindahan (estetika) yang dihasilkan dari komposisi tekstur permukaan dinding halus-kasar. Yang harus diingat dari penerapan ini adalah bahwa sesuatu yang muncul atau tampil dalam sebuah desain interior (bahkan juga di semua bidang desain ) haruslah dirancanakan. Oleh karenanya ada treatmen lanjutan yang harus dilakukan untuk mengekspos material ini yaitu dengan memberikan coating pada permukaan bata atau material lain yang diekspos. Hal ini ditujukan untuk keawetan dinding selain juga memudahkan perawatan (kebersihan).

Bahan lain yang juga menarik untuk diterapkan adalah ekspos material semen atau beton, batu alam, kayu, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

(Sumber foto: ASRI 2001)

 

 

 

Leave a Reply

Skip to toolbar