Magno Wooden Radio

Pada hari Sabtu 20 Oktober kemaren kami berkesempatan mengunjungi workshop Magno wooden radio di Kandangan Temanggung. Walaupun industri kreatif ini berlokasi di pedesaan, Singgih Kartono pemiliknya mampu memasarkannya sampai ke seluruh dunia. Hebatnya lagi desain radio Magno ini telah mampu sejajar dengan desain Ipad ketika ikut dalam kompetisi desain di Hongkong., Apa menariknya karya Singgih ini?

Ada beberapa hal menarik yang saya lihat pada lingkungan workshopnya. Jadi bukan hanya produknya dan dapat dipastikan ada seseorang yang idealis di belakangnya:

1. Arsitektur bangunan yang efisien dan efektif

Penerapan struktur bangunan dari beton bertulang dan besi kanal C untuk menahan plat lantai didukung dengan bangunan yang tidak terlalu tinggi membuat bangunan terlihat kokoh. Hal ini menunjukkan adanya cita rasa arsitektur pada diri pemilik.

2.Peralatan dan bahan yang tertata rapi

Bahan-bahan diletakkan dalam ruang tersendiri sedangkan alat-alat diletakkan dengan posisi lay out yang baik. Manajemen bahan dan alur kerja sepertinya telah dipikirkan dengan baik.

3.Karyawan rata-rata berusia muda

Usia menunjuk pada kemampuan dan jangkauan yang jauh. Pada awal masuk, karyawan yg muda tentu lebih mudah beradaptasi dengan cara dan peralatan baru untuk bekerja. Desain yg hidup dari keterbaruan tentunya membuat yg muda lebih cepat mengejarnya

4.Karyawan tampail santai, rapi, dan bersepatu

Terlihat jajaran karyawan yang bekerja dengantugasnya masing-masing. Sekilas terlihat bukan seperti workshop industri di pedesaan tetapi seperti kelas praktek mahasiswa di sebuah kampus universitas.

5.Tempat sampah yang menarik

Berpikir detail untuk sesuatu yang menurut orang lain tidak penting, yaitu sampah. Saya yakin, dengan enam macam keranjang sampah ini dapat mendidik karyawan untuk disiplin dan bertanggung jawab.

6.Ada lokasi pembibitan tanaman

berkarya Desain sebagai ekspresi ternyata dapat membentuk kepedulian sosial kepada masyarakt dan alam

7.Ada lokasi untuk berdiskusi

Berkumpulnya beberapa  beberapa orang di satu lokasi dapat membuka peluang tukar menukar pemikiran dan ide. Pendidikan sebagai bentuk penyebaaran ide yang fundamental ternyata cukup terwadahi di rumah Singgih ini. Salut untuk semua capaian kerja anda.

 

Leave a Reply

Skip to toolbar