Desain Interior dan Eksterior Rumah Peninggalan Masa Neolithik “Chatal Huyuk” Turki

Çatalhöyük atau Çatal Höyük atau Çatal Hüyük adalah sebuah situs peniggalan dari masa Neolitik. Jika diartikan dalam bahasa Turki, kata “çatal” berarti garpu (“fork“-bahasa Inggris) dan  höyük berarti bangunan (“mound“-bahasa Inggris). Situs ini terletak di sebelah tenggara kota Konya di wilayah Anatolia Turki. Situs ini diperkirakan dibangun pada masa 7500 – 5700 BC dan dianggap sebagai situs Neolitik terbesar dan terbaik yang ditemukan hingga saat ini bahkan telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada bulan Juli 2012. Situs neolitik ini pertama kali ditemukan pada akhir tahun 1950an. James Mellaart yang berasal dari Inggris melakukan 4 tahap penggalian antara 1961 dan 1965.

Denah dan ilustrasi pemukiman Chatal Huyuk

Tipikal interior rumah tinggal Chatal Huyuk

Hal yang  menarik dari rumah tinggal di Chatal Huyuk ini adalah:

  1. Rumah saling menempel antara satu dengan yang lain
  2. Tidak ada jalan antar rumah
  3. Hanya terdapat 1 (satu) akses masuk ke rumah yaitu dari atap dengan menggunakan tangga kayu
  4. Pintu rumah sekaligus sebagai luabang ventilasi udara dan lubang pembuanangan asap tungku dapur
  5. Tidak memiliki jendela
  6. Dinding rumah bagian dalam dihaluskan dengan adukan lumpur
  7. Ruang utama digunakan untuk memasak dan aktifitas harian
  8. Lantai di dalam rumah dibuat dengan level yang berbeda
  9. Pemakaman dlakukan dengan mengubur jenazah di bawah lantai rumah, di bawah tungku, atau di bawah tempat tidur

Banyak artefak yang ditemukan di situs ini, diantaranya dalah patung tanah liat berbentuk sapi dan manik-manik. Lukisan dinding ditemukan di bagian luar dan dalam rumah dengan wujud figur manusia, gunung, dan elemen geometris. Dengan dukungan banyak artefak para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang di Chatal Huyuk telah mampu mengambangkan pertanian dengan baik. Bahkan mereka juga dianggap telah mampu mengembangkan peternakan.            

Patung sapi dan manik-manik  Chatal Huyuk

           

Lukisan dinding di  Chatal Huyuk

  Terjadi perdebatan antar peneliti tentang keyakinan atau agama orang-orang Chatal Huyuk karena tidak ditemukan bangunan publik semisal kuil atau candi dengan tanda-tanda aktivitas keagamaan. Akan tetapi ditemukan ruang dengan fasilitas yang mengarahkan terhadap aktivitas keagamaan. Ruang pemujaan ini berbentuk persegi dengan beberapa kepala sapi yang ditempel ke dinding. Dinding juga dilukis dengan obyek tertentu. Juga ditemukan patung figur wanita yang duduk di atas singgasana yang diapit dua singa betina. Oleh beberapa ahli dikatakan bahwa kemungkinan patung ini adalah figur dewi kesuburan yang berkenaan dengan pertanian mereka.

Patung dewi kesuburan dari  Chatal Huyuk

Leave a Reply

Skip to toolbar